Halaman

Selasa, 16 November 2010

Nirmana 2D

Nirmana 2D, merupakan dasar perkuliahan senirupa desain di ITB, dan umumnya sekolah-sekolah desain. Nirmana = Nir (tidak) Mana (bentuk) yang berarti tidak memiliki suatu bentuk yang nyata adanya di dunia. tidak berusaha menyerupai sesuatu, dan sesuatu yang masih abstrak sifatnya. (wah berarti ga berbentuk dong? naoonn???) Nirmana 2D merupakan dasar untuk membentuk kepekaan desainer terhadap bentuk 2 dimensi dan aksen-aksen yang terbentuk dari pergeseran garis, kepekaan pergeseran warna, sentuhan-sentuhan titik, garis, bentuk dst2 sejenis gitulah.. jd tar lo bakalan disuruh bikin garis2 ga jelas, yang berstruktur, terus lu geser dimananya gitu, maka kerasa deh ada tercipta suatu ruang kecil disana, yah kira2 begitulah..
misalnya pada gambar ini
merasakan sesuatu? ruang imajiner yang tiba2 muncul?
ok, gimana dengan yang satu ini?
bisa lihat? ok bagus berarti anda tidak buta (naooon???)
bagaimana dengan yang dibawah ini? bisa lihat?
bagus, berarti anda tidak buta warna hahahaha, yah gimana mau buta warna, item putih doang koq. paling ga saya yakin yang masuk FSRD pasti udah lulus tes buta warna semua hahahaha…

 
semua gambar tadi harus dibuat, diasistensi 3 kali ke dosen (waktu itu dosen saya Pak Irfansyah, wuah, beliau kalo ngajar keren deh!) baru akhirnya dibuat final dan dikumpul. pas jaman saya telat seminggu = nilai (-) 10 hahahaha… oh ya, gambar pasa tingkat satu semuanya pure harus handmade, ga boleh pake komputer samasekali, melatih kepekaan sih katanya.. hahahaha… biar gambarnya rapi kamu harus pake kuas yang bermutu, berkualitas dan tajam matanya (naon?) beberapa kuas yang bermerk dan sering saya pake antara lain Windsor (tajam, tapi bulunya lunak sekali, jadi tangan ga boleh gemetaran pas buatnya. Gunakan untuk mengisi sudut2 blocking), Rembrant (yang ini enak banget buat ngebikin motif-motif yang kecil-kecil, karena agak lebih tegang dari Windsor, tapi tajam. Saya sampe punya nomor 0, 00, dan 000 untuk menggambar, hahahahaha…) dan kuas piccaso merah kesayangan untuk ngeblock gambar (harganya lebih murah daripada ke2 merek diatas tadi sih tapi cukup bagus dan rapi walaupun tidak tajam). Jangan lupa, lebihkanlah modal sedikit untuk membeli cat poster dengan kualitas bagus, jangan sampe ngegumpal2, sedih kan, kalo udah ngesketsa tau2 cat posternya jelek, bening2 minyakan, udah gitu gumpal2 ga kering2, karena kamu males beli yang mahal demi beli sepatu baru di FO jalan dago kemarin (apeseeehhh… hahahahaha).
kuliah selanjutnya yang akan kamu hadapi di tingkat 2 adalah gradasi warna. nah yang ini juga sama menderitanya nih, soalnya mesti manual satu persatu, dan semakin banyak gradasi yang dibuat maka semakin menderita dunia akhiratlah saat mengerjakannya. pertama sekali kamu akan diminta membuat panel gradasi dari hitam ke putih.
tuh kaya begitu tuh. tapi manual bkinnya. pake cat poster. trik amannya sih kalo gw, gunakanlah sedotan pengukur yang biasa didapet kalo beli tinta pena. Mulailah dari warna putih sepuluh tetes, 9p : 1h, 8p : 2h, dst sampe akhirnya hitam 10 tetes dan putihnya nol. Terus kuasin deh ke kertas stiker. potong persegi, susun deh. Mudah kan? Kedengerannya sih mudah. Prakteknya tar. Nangis tuh, hahahahaha..
abis itu, masih mengikuti perkuliahan dengan berbekal kemampuan pada tugas pertama, aplikasikan ke dalam komposisi warna. nah yang ini jauh lebih menderita lagi nih hahahaha..
misalnya seperti yang satu ini nih
kerasa kan ada kedalaman ruang yang diakibatkan oleh gradasi warna yang beralih? nah itu yang kita cari. pengumuman :khusus yang mau masuk Desain Komunikasi Visual, nirmana 2D harus bagus loh, hehehehe selamat berjuang deh. >,<
kuliah selanjutnya yang akan kamu hadapi adalah gradasi full colour. tar kamu bakalan disuru bikin model begitu juga, tapi lebih rese, soalnya pake warna hehe. kalo tie waktu itu sih bikin dari merah ke biru ama merah ke kuning, ato merah biru, kuning biru. yah begitulah..
tar disusun, sesuai dengan kamu demennya kayak apa, tapi tentu saja setelah melewati asistensi 3 kali dlu ^^
Kuliah lainnya yang saya lalui selain ini juga Nirmana 3D (karya tidak bisa ditampilkan disini) Gambar bentuk (karya belon di scan), gambar konstruksi (karya belon di scan)
Semester 2, saya melewati nirmana 2 D dengan komposisi daun. Disini, menggunakan daun yang diceplokin ke cat poster, tar si daunnya dikomposisiin deh. Ingat yah, jangan ngeleper, semakin halus dan rapi ruas daunnnya semakin bagus. so, pake daun yang segar, fresh, ga lelembekan, dan cat poster yang kental dan ga terlalu cair. ^^. yang di bawah cuma contoh aja koq, kamu pasti bisa bikin lebih keren!
setelah itu kamu akan melewati yang namanya transformasi. yang satu ini berguna banget buat tar ngelatih kepekaan kamu pas bikin animasi loh.. waktu itu gw kebagiannya serangga. dari kotak ke kupu, dari kupu ke bulet, dari bulet ke kepik, terus kepiknya jadi kotak deh.. sayang karyanya belon discan, ga isa ditampilin deh disini. lebih parahnya, saya lupa ngeletakinnnya dimana, hahahaha…
terakhir, tar dikasi tugas komposisi potongan abstrak deh.. waktu itu saya kebagian masih serangga. serangganya dipotong2 (gambarnya), diletakkan dimana2, ato dikomposisiin, terserah aja. warna juga terserah aja. nah.. kamu bisa main2 disini deh..jangan lupa bikin PAKE CAT POSTER yaaaaaa…… (ketawa licik)
Selamat datang di jurusan masing2!!!
tingkat 2 baru mulai memasuki jurusan masing2
karena saya DKV, saya akan jelaskan beberapa kuliah saya yang sangat penting, antara lain

Tipografi, adalah keilmuan yang ngebahas tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan fonts, mulai dari jenis font, penataan huruf, grid2 huruf, bagian2 dari huruf, sejarahnya, hingga proses pembuatannya. di tipografi kamu akan mengalami suatu shock budaya di dalam otak dimana setiap karakter huruf akan menjadi sangat berarti dan memiliki makna, hahahaha alias lu bakalan disuru ngadepin hurup yang satunya aja bakalan bikin lu menderita huak hak hak hak.. tapi tie senang koq dengan kuliah ini sejujurnya, terlebih karena yang ngajar kuliah ini adalah ibu wali mahasiswa saya yang tercinta,BuNaomi Haswanto.. (duh ibu, lama tidak sms-an ama ibu, kangen banget saya curhat2 tentang hidup saya yang ga penting ini sama ibu, huahahahaha… hiks..)
Menyenangkan sih, bisa mengenal sejarah huruf berasal dari mana, perkembangannya (wuih, gw sampe minjem buku sejarah tipografi dan tipografi islam karena kuliah ini, kepake banget dalam komik gw soalnya huak hak hak hak). Terus latihan menulis indah (eh, maksudnya bukan ngarang panjang2 ye, emangnya ujian sejarah desain? yang bilamana 4 halaman sama dengan A, 3 halaman samadengan B, 2 halaman lu dapet C, 1 halaman dapet D, ga nulis ya ga lulus, hahahahaha..).
Sama nasibnya dengan nirmana 2D, sebaiknya untuk tugas ini kamu korbankanlah niat beli atasan cantik baru buat malem mingguan dengan membeli pena kaligrafi berkualitas hahaha.. saat itu saya pakai pena kaligrafi dari ROTRING nomer 23 kalo ga salah. Kekecilan? ga masalah, paling tar nulisnya jadi banyakan huahahahahahahha…
Sebuah tugas tipografi yang membuat gw terharu yang membuat puisi cinta kahlil gibran tuh hehehehe.. abis dipreview di depan sih sama si ibu, saya kan terharu bu… huk huk huk hau hau hauu…
oh iyaa… janga lupa, bikinnnya pake tangan yaaah…. hahahahha….
HOT tips n trick: waktu itu bikinnnya biar cepet, diketik di kompie dulu, terusdiprint sesuai ukuran aslinya yang A3 ituh… terus abis itu nulisnya pake meja tracing sambil ngikutin pattern yang udah ada. Saran gw buat aturan huruf tulisan tangannya gunakan font Cataneo Lt BT, itu mirip banget sama aturan nulis tipografi pake artpen, sisanya, tinggal penyesuaian, sep? seeepplah!
Kalo tugas yang di bawah ini, gw lupa kapan, tapi tar pokoknya kalian bakal disuru bikin satu per satu di atas kertas yang bagus (terserah apa aja) dan harus tracing satu per satu dan digambar hurfnya satu persatu, huahahahahahaa.. rasakanlah neraka ini!! Salah berarti NGULANG LAGI DARI AWAL!!!
Hot Tips : Kalo gw waktu itu kan tergolong manusia2 jorok dengan tangan yang amit2 jauh dari tangan2 printer deh (thx to Njoo Dewi Candra, manusia bertangan printer super rapih yang sedikit menulari saya aura kerapihannya, huak hak hak hak). Untuk itu,carilah kertas yang dove, tapi agak licin dan agak lama menyerap air permukaannya. Terus akali dengan menggunakan cat poster tidak terlalu cair, dan sekali gambar tuh catnya nampung dulu memenuhi bidang huruf. Supaya “nampung”, huruf yang mau diisi cat poster harus agak diteken outlinenya, jadi agak nge emboss pinggirnya, naahh… nampung kan tuh? sekarang biarkan kering, biar gampang, kalo kerja pake kipas angin, hahaha, tapi abis tu lu minum tolak angin, kalo ga tar menyebar aroma2 menyengat idung (kecuali beberapa orang yang aroma kentut udah ga ngefek lagi diidungnya, huahahahahaha…). Keunggulan tips ini, kalo kalu salah bikin,BISA DIAPUS!! Tinggal lembabkan sedikit tisu, hapus dengan hati2 seperti melap noda di atas meja, gampang kan?? Bloking juga menghasilkan huruf cat poster yang smooth dan halus permukaannya, berbeda dengan apabila dari awal kalian pake kertas yang nyerap, memang cepet kering, tapi besar resiko terlihat ga ratanya, dan ga halus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar